Penjualan Sepeda Motor Pada Bulan Juli Mengalami Penurunan

image

Penurunan penjualan kendaraan roda dua pada bulan Juli lalu, jika pada bulan sebelumnya terjual sebanyak 588.675 unit maka bulan Juli hanya 439.245 unit atau terjadi penurunan secara persentase sebesar 25.4% dibanding bulan Juni lalu. Menurunnya jumlah penjualan sepeda motor disinyalir karena banyaknya hari libur dikarenakan ada Hari Raya Idul Fitri pada bulan Juli.

Walaupun terjadi penurunan yang cukup signifikan, Honda masih memimpin pangsa pasar roda dua di tanah air, terjual sebanyak 280.197 unit meskipun terdapat selisih penjualan yang cukup besar dari bulan sebelumnya. Pada bulan Juni, Honda membukukan penjualan sebanyak 364.660 unit. Penurunan penjualan tidak hanya dialami oleh Honda, Yamaha selaku pesaing terkuat Honda pun mengalami hal serupa, pabrikan berlogo garpu tala ini hanya menjual 135.954 unit, padahal pada bulan Juni terjual sebanyak 200.451 unit.

Kemudian Suzuki dan Kawasaki pun mengalami hal serupa, Suzuki menjual unitnya sebanyak 12.328. Sedangkan Kawasaki berkontribusi sebanyak 8.226 unit. Tempat terakhir menjadi milik TVS yang berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 2.540 unit atau justru mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya yang hanya terjual 573 unit saja.

Pada 1 Agustus lalu OJK menetapkan Down Payment kendaraan menjadi 15%, sebelumnya 20%, diharapkan hal ini dapat menarik daya beli masyarakat yang sejauh ini terlihat lesu dan menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Semoga berguna.

Eri Wijaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: